HUBUNGAN ANTARA EJAAN DENGAN BAHASA RAGAM TULIS

Untuk memahami antara hubungan ejaan dan bahasa ragam tulis, maka kita harus tau dulu apa yang di maksud dengan bahasa ragam tulis dan ejaan tersebut. Di sini saya ingin menjelaskan dulu mengenai pengertian dari ejaan dan bahasa ragam tulis. Bahasa ragam tulis adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah tulisan yang benar sesuia dengan aturan EYD dan ejaan. Sedangkan Ejaan adalah keseluruhan peraturan bagaimana melambangkan bunyi ujaran, dan bagaimana menghubungkan serta memisahkan lambang-lambang. Secara teknis, ejaan adalah aturan penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan penulisan tanda baca.

Jadi antara hubungan ragam tulis dan ejaan sangat lah penting karena sangat berpengaruh satu sama lain. Kenapa saya bilang demikian karena di dalam ragam tulis, kita berkaitan dengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa dan kosa kata. Dengan kata lain dalam bahasa ragam tulis, kita diharuskan adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti ejaan kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan tulisan. Disinilah hubungannya dimana ejaan berperan penting dalam bahasa ragam tulis.

Buat para warga Indonesia sangat lah penting untuk memahami, mempelajari bahkan menggunakan bahasa ragam tulis dan ejaan dengan baik dan benar. Karena dengan kita dapat memahami, mempelajari bahkan menggunakan bahasa ragam tulis dan ejaan dengan baik dan benar sehingga akan terlihat padu, indah dan janganlah kita berbicara atau menulis tidak sesuai dengan kaidah bahasa.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s